Home » Pakan Benih » Tips Memilih bibit Lele Yang Berkualitas

Tips Memilih bibit Lele Yang Berkualitas

Pemilihan benih lele yang berkualitas memegang peranan penting dalam budidaya lele. Kesalahan dalam memilih benih bisa mengakibatkan kerugian dalam jumlah besar. Banyak keluhan dari para pembudidaya lele yang mengatakan kalau benih yang mereka beli dari “tengkulak benih nakal” mengalami banyak masalah. Nah bila anda ingin beli benih yang memiliki kualitas baik berikut ini tips yang dapat saya bagikan untuk anda.

 

  • Sedapat mungkin anda membeli bibit lele dari pembenih yang anda kenal. Bila anda tidak memiliki kenalan yang membenihkan lele anda bisa meminta referensi dari teman yang mungkin mengenal pembenih lele yang kredibel.  Anda juga bisa bergabung dengan komunitas pembudidaya lele yang ada di daerah anda dan cari tau pembenih lele yang bagus.
  • Luangkan waktu sehari sebelum melakukan pembelian untuk mensurvey bibit lele yang akan anda beli. tanyakan kepada penjualnya untuk menunjukkan pada anda kondisi kesehatan benih yang akan dibeli. Sebaiknya anda tidak memaksakan diri membeli benih bila benih tersebut kurang sehat.
  • Benih yang sehat seharusnya memiliki gerakan yang lincah. kalau diberi pakan benih-benih cepat menyantap pakan yang diberikan
  • Hindari benih yang memiliki luka pada bagian tubuhnya seperti dibagian mulut, sungut nampak keriting, dan punggung banyak luka borok.Benih seperti ini kemungkinan terserang Virus aeromonas yang mudah menyebar dan sangat mematikan bagi ikan lele. ikan yang terserang penyakit ini dapat mati massal dalam 2 -3 hari bahkan menghabiskan seluruh ikan yang ada dalam kolam anda.
  • jangan membeli benih yang  ngambang di permukaan air. Bibit lele seperti ini merupakan bibit yang telah terserang penyakit dan dapat menjangkiti bibit lainnya.
  • Tekan sifat kanibalisme lele. caranya anda harus beli bibit  yang ukurannya seragam. yang dimaksud ukuran disini yaitu ukuran panjang tubuhnya tidak terlalu bervariasi. misalnya anda beli benih ukuran 5-6 cm, jangan dicampur dengan ukuran 3-4 cm atau 7-8 cm karena lele memiliki sifat kanibal yaitu sifat yang memangsa lele yang ukurannya lebih kecil.
  • Perhatikan bentuk dan warna benih lele. lele yang memiliki warna tubuh yang hitam kusam serta bentuk tubuh yang kurus kurang baik untuk dibesarkan karena kemungkinan besar lele ini adalah lele kuntet atau lele yang baru sembuh dari penyakit. lele yang baru sembuh dari penyakit akan lebih lambat pertumbuhannya karena butuh waktu untuk mengembalikan kondisi tubuhnya dan butuh waktu untuk meningkatkan nafsu makan lele tersebut.
  • Untuk menghindari lele kuntet sebaiknya anda beli benih dari pembenih yang jujur dan dapat dipercaya. pembenih yang baik tidak akan menjual lele yang pertumbuhan badannya tidak bisa bertambah. kebanyakan pembenih yang nakal lele-lele ini digabung dengan bibit lele kemudian dijual lagi kepada pembelinya dan akhirnya si pembelilah yang harus menanggung kerugian besar.
  • Bila anda membeli benih pastikan jumlah benih yang anda beli sesuai dengan yang anda bayarkan. Anda pasti tidak mau mengalami kerugian hanya karna benih yang anda beli tidak sesuai dengan jumlah yang anda bayarkan.

 

Demikianlah tips-tips ternak lele yang saya dapat bagikan hari ini kepada teman – teman yang ingin ternak lele atau yang sudah ternak lele semoga tips ini bermanfaat. jika anda ingin tips lainnya silahkan kunjungi blog ini dan saya akan beri tips lainnya. saya juga dapat dihubungi melalui Email : bibitleleonline.nico@yahoo.co.id atau di no Hp 021-99332594.

 

Salam suksesImage

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: