bibitleleonline.wordpress.com

Home » Pakan Benih » Pakan Lele – Jenis Pakan Lele

Pakan Lele – Jenis Pakan Lele

Dalam menjalankan usaha budidaya lele, pengetahuan tentang pakan lele yang sesuai sangatlah penting untuk meningkatkan hasil produksi lele serta menjaga pertumbuhan lele agar tetap optimal. kesalahan dalam pemberian jenis pakan maupun tata cara pemberian pakan akan sangat menentukan hasil dari usaha ternak lele yang anda jalankan. Dalam banyak kasus,  para pengusaha lele banyak mengalami kerugian besar hanya karena masalah kualitas pakan yang diberikan. Oleh sebab itu agar kejadian yang sama tidak menimpa anda, sebaiknya pilihlah pakan yang berkualitas untuk lele anda. Ada beberapa jenis pakan lele yang dapat anda berikan kepada lele anda sesuai dengan umur lele tersebut :

  • Pakan terapung atau sering juga disebut pelet apung.  ukuran pelet ini bervariasi dan anda hendaknya memilih pelet yang sesuai dengan umur/ukuran lele. untuk lele ukuran 5-6 cm misalnya, pakan apung yang diberikan yaitu 781-1 propuksi PT. Central pangan Pertiwi. semakin besar ukuran lele, butiran pelet yang diberikan juga harus lebih besar.  untuk pakan terapung ini memmang harganya cukup tinggi apalagi pelet yang ukuran butirannya kecil harganya lebih mahal lagi. hal ini dikarenakan kandungan proteinnya relatif lebih tinggi yaitu sekitar 33 %.
  • Pelet tenggelam. Sesuai dengan namanya pelet ini tenggelam saat ditaburkan di permukaan air. pelet tenggelam ini biasanya diberikan pada saat menjelang panen yaitu sekitar 2 minggu sebelum panen. Harga pelet tenggelam ini relatif lebih murah dibandingkan dengan pelat apung.  nilai kadar protein untuk pelet tenggelam ini sekitar 27 % dan hanya diperuntukkan bagi lele untuk menambah bobotnya.
  • pakan alternatif. Biasanya para petani lele memberikan pakan  alternatif untuk menekan biaya produksi. pakan alternatif yang dipakai dapat berupa Sosis, ayam tiren, nasi sisa, ikan rucah, ikan teri atau limbah sayur dari pasar. penggunaan pakan alternatif ini harus dilakukan secara hati – hati karena kebanyakan pakan ini memiliki kualitas yang buruk dan tidak direkomendasikan. penggunaan pakan alternatif dapat memperlambat hasil produksi dan ikan rentan terhadap penyakit. kalau seperti ini keadaanya anda akan rugi waktu dan tentunya perputaran keuangan anda juga terganggu karna hasil produksi tidak maksimal.
  • Pakan alami. Sesuai dengan namanya, pakan ini diperoleh dari alam.  jenis pakan ini dapat berupa kijing, cacing tanah, cacing sutra(untuk benih), keong,  kutu air(untuk pakan benih). semua jenis pakan alami ini menggandung protein yang cukup tinggi yaitu diatas 50 % dan merupakan kandungan gizi yang baik terutama bagi ikan lele pada masa pertumbuhan. Nah jenis pakan ini yang sangat baik anda berikan pada lele untuk meneknan biaya produksi lele.

Demikianlah tips dari saya semoga bermanfaat bagi usaha ternak lele anda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: