bibitleleonline.wordpress.com

Home » Pakan Benih » Keunggulan Lele sangkuriang vs Lele dumbo

Keunggulan Lele sangkuriang vs Lele dumbo

Lele sangkuriang (clarias gariepinus Sp) adalah varites lele yang dihasilkan oleh Balai Besar Pengembangan Buddidaya Air Tawar (BBPBAT) sukabumi. Varites unggul ini dihasilkan dengan melakukan perkawinan silang balik atau backcross antara induk lele dumbo betina dari generasi kedua (F2)  dengan induk jantan dari generasi ke 6 (F6). Indukan jantan merupakan koleksi indukkan BBPBAT sukabumi dan indukkan betina adalah keturunan lele dumbo yang ddibawa masuk ke indonesia pada tahun1985 dan hasil dari perkawinan ini adalah adalah lele sangkuriang yang memiliki kualitas lebih dibanding lele dumbo. berikut ini keunggulan lele sangkuriang.

Keunggulan Lele Sangkuriang vs  Dumbo
1.Fekunditas telur bisa mencapai 60.000 butir telur dan jumlah telur yang menjadi larva lebih dari 90%. Untuk lele dumbo jumlah telur yang dihasilkan sekitar 30.000 butir terlur dengan derajat penetasan sekitar 90%

2. FCR pakan lele sangkuriang sekitar 0,9 – 1, sedangkan lele dumbo ssekitar 1,1. semakin kecil FCR semakin bagus dan mengguntungkan para pembudidaya. FCR adalah jumlah pakan dalam KG untuk menghasilkan 1 kg berat lele.

3. panjang tubuh Benih lele sangkuriang pada usia 26 hari ddapat mencapai 3-5 cm dan lele dumbo hanya bisa mencapai 3 cm pada umur yang sama.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: