bibitleleonline.wordpress.com

Home » Pakan Benih » TIPS MEMILIH LOKASI BUDIDAYA LELE

TIPS MEMILIH LOKASI BUDIDAYA LELE

Dalam usaha apapun termasuk usaha budidaya lele, pemilihan lokasi merupakan bagian  penting dalam menunjang keberhasilan usaha budidaya lele. Kesalahan dalam memilih lokasi bisa mengakibatkan kerugian secara finansial dan waktu. oleh karna itu, pilihlah lokasi yang menguntungkan dari segi bisnis dan didasarkan atas pertimbangan yang telah ddiperhitungkan dengan baik. Ada faktor – faktor tertentu yang harus anda prhatikan ketika memilih lokasi yang ideal bagi usaha anda.

1. ketersediaan sumber air berkualitas bagus dan cukup sepanjang masa pemeliharaan lele. sumber air dapat ddiperoleh dari sumur, aliran irigasi, sungai, atau mata air. perlu diperhatikan bahwa pada musim kemarau jumlah debit air berkurang dan pastikan lokasi yang anda pilih tidak kekurangan air terutama musim kemarau.

2. Lokasi sebaiknya juh dari lingkungan pabrik terutama jauh dari saluran pembuangan limbah kimia pabrik. lokasi yang berdekatan dengan pabrik kimia sebaiknya dihindari karena kualitas air yang ada di lokasi tersebut hampir bisa dipastikan telah tercemar oleh limbah buangan pabrik yang sangat berbayaya.

3. pilih daerah yang jauh dari pemukiman padat penduduk. sebaiknya cari lokasi yang tidak berada persisi di lingkungan padat penduduk karena usaha budidaya ini mungkin menimbulkan gangguan yang tidak baik terhadap kenyamanan lingkungan sekitar karena bau yang ditimbulkan dari kolam lele.

4. Pilih struktur tanah yang dapat menampung air (tidak porous). kecuali anda ingin membangun kolam terpal jenis tanah tidak perlu dipertimbangkan. untuk kolam tanah, pemilihan struktur tanah harus menjaddi bahan pertinbangan penting. Jenis tanah yang baik untuk kolam budidaya lele adalah tanah jenis liat atau lempung berpasir dengan kandungan 50 % tanah liat dan sedikit kandungan pasir. jenis tanah ini apat menahan air ddalam kolam ddan tidak rembes.

5. Sebaiknya lokasi dekat dengan jalan yang bisa dilalui mobil angkutan sehingga memudahkan pada waktu pengangkutan hasil panen dan pengiriman pakan kelokasi kolam lele.

6. Kualitas air. untuk ikan lele, parameter kualitas air yaitu : pH antara 6,5- 8 dan oksigen terlarut minimal 3 ppm. suhu air berkisar antara 25-28 derajat celcuis.

7. Dekat dengan pedagang yang menjual kebutuhan pakan ikan dan sarana produksi laiinnya sehingga dapat menekan biaya produksi.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: